Sabtu, 07 Juli 2012

MEI CERIA ^_^

Alhamdulillah Ya Rabb, Engkau telah memberikan nikmat yang tidak hamba sangka datangnya. Yup, dimulai dengan diterimanya dalam divisi Karya Ilmiah pada Unit Aktivitas Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa (R-KIM). Dari jumlah pendaftar sekitar 400 orang hingga tersaring sebanyak 100 orang. Saat itulah aku bertekad untuk berkarya di Unitas R-KIM bcz I’ve passion on writing, research, and scientific work.
Kegiatan Training pertama di R-KIM aku ikuti. Subhanallah aku mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Dalam unitas tersebut aku masuk dalam divisi Karya Ilmiah dengan bimbingan mas Afiqi dan mbak Eka. Hari kedua dimulai dengan kegiatan Upgrading. Akan tetapi, aku ijin tidak dapat mengikutinya dikarenakan ayah akan pulang umroh. Setelah itu, aku mendapatkan tugas pengganti upgrading. Tugas tersebut adalah menulis abstrak paper tentang pendidikan menggunakan bahasa inggris. Akhirnya aku pun mengerjakan tugas tersebut.
Selang beberapa hari, aku mendapatkan kabar tentang “Call for Paper” bahwa abstrak paperku diterima dan diundang dalam International Conference di Jakarta tepatnya di Hotel berbintang, Grand Sahid Jakarta. Setelah itu, aku menyelesaikan full paper dan menyiapkan proposal untuk pendanaannya kepada Pembantu Rektor III, Bapak Ainur. Alhamdulillah, berkat bantuan Pak Dwi selaku Kepala Jurusan Pengairan, Pak Donny selaku Sekertaris Jurusan Pengairan, Pak Ari selaku Pembantu Dekan III Fakultas Teknik, Mas Santo selaku Direktur R-KIM, sahabatku Annisa Akalily, Irawati Febriani, dan mbak Ita, keluargaku ayah, ibu, kakak, adik, dan semua orang yang tak henti-hentinya mensupportku akhirnya aku ditemani mas izzur, Fakultas Ekonomi mewakili Universitas Brawijaya menjadi Pembicara atau Presenter dalam International Conference di Jakarta.
Hari Sabtu, tanggal 19 Mei 2012, aku berangkat ke Jakarta bersama Mas Izzur menaiki Bus Keramat Djati. Alhamdulillah, aku bisa menghampiri bus tersebut karena hampir saja aku tertinggal bus akibat jalanan di Araya yang macet. Dari situlah aku mendapatkan pelajaran agar tidak menunda-nunda pekerjaan. Perjalanan menuju Jakarta dimulai pukul 15.10 WIB dan tiba di terminal Rawa Mangun pada Hari Minggu, pukul 11.10 WIB. Sesampainya disana, aku dan Mas Izzur menaiki bajaj dengan harga 23.000 menuju Martaman, Menteng, Jakarta Pusat. Subhanallah, baru pertama kali aku menaiki bajaj!!! Meskipun berisik tetapi unik rasanya!!!
Hari pertama dalam International Conference, Senin, 21 Mei 2012, aku dan mas Izzur menuju Hotel Grand Sahid menggunakan Angkutan Kota Jakarta. Disana aku merasakan ramainya kota metropolitan tersebut. Akan tetapi, aku merasa enjoy dengan segalanya. Yup, sampailah aku di lobby hotel. Lalu aku menuju Hall Hotel untuk registrasi dan mendapatkan seminar Kits. Nah, sambil menunggu Pembukaan Conference pukul 18.00, aku menikmati susu kotak dan pukis di Lobby Hotel dengan mas Izzur. Tak sengaja ada seorang wanita dari Malaysia menanyakan tentang International Conference tersebut karena kebetulan Beliau juga menjadi pembicara perwakilan dari University of Technology Malaysia. Beliau bernama Ibu Jamilah. Akhirnya kita pun berbincang bersama mengenai kebudayaan Indonesia, wisata di Indonesia, makanan khas Indonesia, hingga kesukaan Ibu Jamilah yaitu sambal trasi. Disana, kita solat maghrib berjamaah di kamar beliau, dan akhirnya kita bersama-sama menuju Hall untuk menghadiri Opening tersebut. Kita pun disambut dengan Cultural Performence dan Speech oleh Bapak Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Lalu kita pun Dinner bersama.
Hari Kedua Conference pada tanggal 22 Mei 2012, aku mengikuti seminar di Pleno A oleh Prof. Dr.Bedjo Sujanto selaku pembicara dari Jakarta State University, Indonesia, Prof. Dr. Syawal Gultom selaku pemateri dari Quality Assurance and the Professional Development of Educators Agencies, Indonesia, dan Prof. Dr. Saedah Binti Siraj dari University of Malaya, Malaysia. Beranjak dari pleno tersebut, aku berpindah untuk mencari suasana lain di Pleno B. Disana aku bertemu dengan presenter lain yaitu mbak Merly dari Universitas Cendana Kupang, Mbak Asni dari Universitas Indonesia Jakarta, dan Mr. Phillipe dari Belgium. Subhanallah, aku bertemu dengan tokoh yang luar biasa lagi yaitu Bapak Dr. Willy M. Yoseph selaku Gubernur Murung Raya Kalimantan Tengah.
Tak terasa pukul 16.00 tiba. Bismillahirrohmanirrohim, aku mempresentasikan hasil paperu yang berjudul “The Development of Achieveble and Quality Education”. Disana aku baru menyadari bahwa aku merupakan presenter termuda. Yup, disana rupanya orang-orang yang melakukan presentasi merupakan dosen, profesor, guru, mahasiswa S2 dan S3, dll. Sungguh aku bersyukur karena aku mendapatkan kesempatan untuk menggali ilmu dari banyak orang yang hebat. Alhamdulillah, presentasi berjalan dengan lancar dan aku pun mendapatkan feedback dari beberapa participant.
Hari terakhir conference tanggal 23 Mei 2012, aku lewati bersama Mas Izzur. Akhirnya pukul 08.00 mas Izzur mempresentasikan hasil papernya juga. Subhanallah, ide cemerlang juga muncul dari paper mas Izzur dengan meningkatkan minat baca siswa. Disana aku pun berkenalan dengan Mr. Isac dari Malaysia. Di sela-sela conference aku, mas Izzur, mbak Merly, dan Mr. Isac jalan-jalan menuju Monumen Nasional Jakarta. Akhirnya kita bersama dengan presenter dan participant lainnnya menuju Taman Mini Indonesia Indah untuk City Tour. Disana, aku menyadari betapa kayanya kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Yup, I’m proud to be Indonesian!!!
Pada Hari Kamis Tanggal 24 Mei 2012, aku bersama mas Izzur menuju Stasiun Gambir untuk pulang menuju hometown Malang City. Alhamdulillah Ya Rabb, tak henti-hentinya aku bersyukur atas nikmat yang Engkau berikan, karena selain mendapatkan ilmu yang berharga di Jakarta, aku juga mendapatkan kabar gembira bahwa aku merupakan mahasiswa yang lagi-lagi menerima beasiswa PPA. Sungguh bulan Mei ini adalah bulan yang tak terlupakan sepanjang hidupku.. ^_^

That was really Awesome Moment!!!! \(^.^)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar