Jumat, 16 Maret 2012

Meraih Kesuksesan dengan Menulis

Menulis adalah hal yang sangat seru. Mengapa begitu? Karena banyak manfaat yang kita peroleh. Dengan menulis, kita dapat menuangkan rasa atau ide yang ada pada pikiran kita. Banyak orang yang beranggapan bahwa menulis dilakukan ketika ada ide yang muncul. Padahal menulis dapat dilakukan kapan saja asalkan kita dapat berfikir kreatif maka ide dapat diciptakan.
Kemampuan menulis dapat dikembangkan oleh setiap orang karena setiap orang memiliki potensi untuk menulis. Bukan berarti hanya orang yang berbakat saja yang dapat menulis. Akan tetapi, menulis juga dapat dilatih dengan terus belajar. Semisal ketika kita menulis pada buku diari. Tanpa kita sadari hal tersebut merupakan kegiatan menulis yang mudah kita lakukan. Dengan begitu, kita dapat menghilangkan rasa kepenatan, dapat menyelesaikan suatu permasalahan, dan juga dapat mengenang peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita.
Pembuatan karya ilmiah atau buku merupakan hal yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Hal tersebut juga dapat melatih kita untuk berfikir sistematis agar tulisan kita dapat dimengerti oleh orang lain. Disamping itu kreativitas tulisan dalam puisi atau novel mungkin hanya sekedar hiburan bagi sebagian orang. Akan tetapi, hal tersebut justru dapat menjadi sumber penghasilan.
Kesuksesan bisa datang ketika kita membuahkan hasil karya kita dalam bentuk tulisan. Ketika kita menuangkan ide dalam bentuk tulisan, bisa jadi tulisan kita bernilai. Hal tersebut dikarenakan tulisan dapat menyampaikan kesenangan, kegemaran, kegelisahan, maupun segala perasaan yang dengan mudah kita curahkan dalam berbagai media, seperti media massa, media sosial, blog, dan lain-lain. Dengan demikian seiring dengan perkembangan teknologi tulisan mudah dilakukan dan dapat menimbulkan rasa kepercayaan diri untuk mengembangkannya. Tak heran jika tulisan kita bisa saja dicetak dalam media massa.
Tulisan mulanya disepelekan kini dibutuhkan sebagai gudang inspirasi. Sebagai generasi muda, kita dapat berpikir kritis tidak hanya dalam demonstrasi sebagai orator saja. Justru dengan menulis, generasi muda dapat menyampaikan aspirasi dengan kemampuan berbahasa yang lebih tinggi. Misalnya sebagai mahasiswa juga diperlukan kemampuan menulis untuk pembuatan skripsi sebagai syarat kelulusan. Jadi menulis dapat dilakukan oleh semua orang, baik itu mahasiswa, karyawan, dosen, guru, remaja, anak-anak, dan seluruh kalangan masyarakat. Tidak ada alasan bahwa menulis hanya diperuntukkan bagi orang yang berbakat saja, karena bakat bukan segalanya. Semangat untuk belajar menulis yang terus menerus dilakukan merupakan hal utama bagi kita untuk menuangkan ide dalam tulisan. 
 So, keep spirit to writing and reach our dream by writing ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar